Sabtu, 04 Juni 2011

METODE ORGANISASI

Sebelum membahas mengenai metode organisasi, mari kita cari tahu tentang apa itu arti metode, dan berasal dari manakah kata metode itu sendiri. Kata metode berasal dari bahasa yunani “METHODOS” yang berarti cara atau jalan yang di tempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah,maka metode menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan.
Pengetahuan tentang metode-metode mengajar sangat di perlukan oleh para pendidik, sebab berhasil atau tidaknya siswa belajar sangat bergantung pada tepat atau tidaknya metode mengajar yang digunakan oleh guru. Metode adalah suatu cara yang menjadi pasti untuk mengerjakan atau meyelesaikan suatu pekerjaan. Jadi metode kerja atau cara kerja di dalam kantor sangat menentukan efisiensi kerja.
Adapun ciri-ciri dari Metode adalah
• Metode kualitatif cenderung subyektif dalam menentukan masalah dan perumusan masalah dan dalam deskripsi lebih banyak menggunakan data yang bersifat trend.
• Menjabarkan suatu masalah pada rumusan itu.
Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :
Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.

Kesimpulan:
Metode dan organisasi adalah suatu gambaran untuk memecahkan suatu permasalahan dengan tujuan bersama-sama. Organisasi dan metode juga tidak dapat di pisahkan dan sangant berperan penting bagi perusahaan atau instansi-instansi. Dengan adanya metode organisasi di dalam suatu perusahaan maka akan menciptakan suatu tujuan dan komitmen yang akan terencana dengan baik dan benar.


Sumber: wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar